Tuesday, June 25, 2013

Menghadirkan Karakter Ilmiah dalam Diri

Menghadirkan Karakter Ilmiah dalam Diri

Pembicara : Irfanul Arifin
Oleh          : Sifa Alfiyah

    Menghadirkan karakter ilmiah dalam diri memang sudah seharusnya dan sepantasnya terutama dalam diri mahasiswa sampai lagi pada mahasiswa FMIPA. Sebagai mahasiswa Fakultas MIPA, memiliki karakter ilmiah adalah hal yang sangat penting, karena dalam proses perkuliahan kita akan sering sekali melihat karya-karya ilmiah, apakah itu paper dan lain hal sebagainya bahkan mahasiswa itu sendiripun dituntut pula untuk membuat suatu karya ilmiah. Karakter ilmiah harus menjadi bagian dari diri mahasiswa karena ini pun sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi yakni penelitian. (Tri Dharma Perguruan Tinggi : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat).

       Mengapa harus ilmiah??? Karena ilmiah mengajarkan atau mengindikasikan kepada karakter dan sifat keilmiahan dalam suatu lingkungan atau sikap dirinya. Adapun ciri sesorang yang memiliki karakter keilmiahan adalah mereka yang senang MEMBACA & MENULIS.

    Sebenarnya menulis karya ilmiah bukanlah hal yang sulit, walaupun memang diperlukan penelitian untuk menulisnya, berikut ini ada beberapa langkah yang penting yang harus dilakukan ketika kita ingin menulis suatu karya ilmiah, yaitu :
1.      Menulis itu mudah, terutama bagi yang mau menulis
2.      Memiliki kemampuan untuk memotivasi diri
3.      Harus memiliki kemauan. Jika kita telah memiliki kemauan dan motivasi, maka pengetahuan dan kemampuan akan lebih mudah dikembangkan
4.   Aspek isi dan bentuk adalah dua hal yang mendukung eksistansi sebuah karya tulis, keduanya saling terkait untuk melengkapi hal itu.

Berikut ini ada beberapa kendala dalam menulis karya ilmiah, diantaranya :
1.      Kendala Psikologis
·         Merasa tidak bisa padahal belum berusaha
·         Malu, takut, atau percaya bahwa tulisannya kurang baik
·         Malu, takut, atau percaya bahwa kemampuan bahasanya kurang baik
·         Malu, takut, atau percaya bahwa pengetahuannya tidak baik
·         Kurang termotivasi
2.      Kendala Kemampuan
Pengetahuan dan kosakata yang belum banyak, dapat menjadi kendala dalam menulis karya ilmiah, oleh sebab itu kita haru banyak – banyak membaca buku, baik itu literatur yang terkait maupun buku jenis lainnya.

Adapun inti pembahasan ini adalah bahwa MENULIS ITU MUDAH BAGI YANG INGIN MENULIS & MOTIVASI MENJADI PENULIS ADALAH KEMAUAN


Organisasi + Keilmuan = seimbang = kesinambungan berprestasi dalam menyampaikan = KEPERCAYAAN DIRI.

No comments:

Post a Comment