Monday, June 10, 2013

Manfaat Organisasi

MANFAAT ORGANISASI..... ^_^

Berbicara organisasi... sebenarnya organisasi itu sendiri apa sih??
Menurut pandangan saya organisasi itu merupakan suatu komunitas dimana di dalamnya terdapat sekumpulan orang yang memiliki tujuan atau visi dan misi yang sama untuk dicapai, membangun sebuah jejaring sosial (bukan jejaring sosial dunia maya) demi terealisasikannya visi dan misi suatu organisasi yang dibangun tersebut... SEDANGKAN... Berdasarkan http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi 
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

intinya organisasi itu ada dan terbentuk demi adanya suatu wadah yang menyatukan orang-orang yang memiliki tujuan atau visi dan misi yang sama... Jika kita sudah mengetahui apa itu organisasi, saatnya kita beranjak dan menganalisa APA SIH MANFAATNYA berORGANISASI?? :D

Yah, tidak perlu khawatir,,, dan tidak perlu takut... kenapa?? tentu hanya dua hal inilah yang akan mengawali pembahasan kita selanjutnya mengenai manfaat organisasi... kenapa tidak!! Banyak sebagian dari kita yang takut dan gelisah apabila ikut berorganisasi, entah itu gelisah atau takut nilai sekolahnya menjadi menurun (tidak baik), tergabung kedalam organisasi yang salah (salah masuk organisasi nih kayanya.. :D :D), membuang waktu dan banyak tenaga dan lain-lain dengan segala permasalahan dan ketakutan yang kompleks yang banyak dialami oleh kita secara tidak sadar dan orang-orang disekitar kita lainnya.....
Ok, ini nih teman-teman manfaat dari organisasi :
  1. Banyak teman,, pastinya! karena organisasi merupakan berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki visi atau tujuan dan misi yang sama.
  2. Memperluas pergaulan,, Tentu! organisasi memberikan wadah untuk kita berekspresi khususnya dalam memperluas jaringan atau suatu komunitas itu sendiri.
  3. Meningkatkan wawasan/pengetahuan,, Benar sekali! karena organisasi juga mewadahi kita untuk dapat bahkan harus memiliki pengetahuan yang lebih karena sebagai bentuk pemikiran dalam berdiskusi demi tercapainya sebuah visi dan misi.
  4. Membentuk pola pikir yang lebih baik,, Bisa jadi!! why?? karena dalam konteks ini diri seseorang tergantung pada pribadinya masing-masing, jika ia menjadikan organisasi sebagai wujud aktualisasi dirinya, bisa!! tapi ada juga sebagian orang yang berorganisasi dengan tujuan dan niatan yang lain,,, tapi besar kemungkinan organisasi mengarahkan dia pada ke arah yang lebih baik (insyaAllah).
  5. Menjadi kuat dalam menghadapi tekanan, hmm +- Setuju!! karena sekali lagi berorganisasi itu kembali lagi pada niatan, keinginan berorganisasi, visi dan misi pribadi masing-masing orang.
  6. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi, Sangat besar kemungkinan!! yah, memang organisasi menuntut untuk seseorang pandai untuk berkomunikasi dan mengajarkan seni dalam berbicara di khalayak umum.
  7. Melatih leadership (kepemimpinan),, Setuju!!
  8. Belajar mengatur waktu,, Very Agree!! Karena padatnya suatu visi dan misi yang harus dilakukan sehingga menuntut untuk anggota-anggotanya pintar dan ahli dalam memanage waktu yang telah di sediakan (24 jam) untuk berorganisasi dan melakukan aktivitas lainnya.
  9. Memperluas jaringan (networking),, Pastinyaaaa....!!! karena ada istilah yang mengatakan "Banyak teman Banyak Rizki, Banyak teman Banyak Tawaran, Banyak teman Banyak disapa,,, dll (Subhanallah)".
  10. Mengasah kemampuan sosial,, Benar sekali!! 
  11. Ajang latihan dunia kerja yang sesungguhnya,,, Mungkin!! tapi sih pada dasarnya semua pekerjaan akan kembali lagi pada diri kita menuntut akan disiplin waktu (time management), kemampuan bersosial (social skills) and etc...
Baiklah hanya ini tulisan yang dapat saya persembahkan, semoga bermanfaat dan semoga dengan berorganisasi dan tidaknya berorganisasi seyogyanya semua kembali pada pribadi masing-masing,, karena belajar apa pun pasti bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun tergantung pada kemauan, kesungguhan, kegigihan serta rasa semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik... ^_^..

By. Sifa Alfiyah



No comments:

Post a Comment