Tuesday, May 14, 2013

Seperti apakah orang besar itu..... ^0^


Seperti apakah orang besar menurut pandanganmu dan hal-hal apa saja yang sudah kamu punya yang membuatmu layak menjadi orang besar?

Orang besar merupakan sosok seseorang yang hebat, sosok seseorang yang memiliki karakter hebat dalam kepribadiannnya. Orang besar adalah orang yang berani dalam menghadapi tantangan besar yang ada di dalam hidupnya, kemudian berhasil menyelesaikannya. Setiap orang pasti selalu memiliki masalah dimanapun dia berada, tapi hanya orang besar lah yang dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi, maka akan semakin menjadikannya orang yang besar jiwanya, wawasannya, dan pemikirannya. Hal yang terkadang menjadi sebuah kelucuan mengenai orang besar adalah bahwa orang besar itu bukan diukur berapa banyak uang yang dimilikinya di kala hidup, tapi dilihat dari berapa orang yang mau mengikut mobil jenazahnya walaupun dia tidak punya uang.
Hal terhebat mengenai asumsi orang besar ialah bahwa untuk menjadi orang besar tidaklah mudah, karena orang besar sesosok orang yang memiliki keberanian, kegigihan serta ketangguhan dalam hidupnya. Orang besar lahir dan besar dari kegigihan dirinya, karena kegigihan dalam menggapai keinginan dan cita-citanya yang hasilnya bisa dikenang dinikmati banyak orang. Menjadi orang besar banyak dari mereka berawal dari keterbatasan fisik, keterbatasan intelektual, keterbatasan lingkungan sosialnya dan lain-lain. Banyak dari kita yang beranggapan “mana bisa menjadi orang besar sedangkan keluarga atau keturunan orang biasa”. Pemikiran seperti itu sesungguhnya sangat mematikan atau menutup jalan untuk menjadi orang besar yang mempunyai pengaruh. Apakah sadar ketika kita dilarang untuk tidak banyak menuntut, dibalik itu semua ada pelajaran besar kalau kita mau berfikir. Kita diajarkan untuk berusaha tidak menjadi beban orang lain. Lain halnya ketika semua keinginan serba terpenuhi secara tanpa sadar terbentuk pemikiran menyepelekan sesuatu yang padahal sesuatu itu sangat bernilai dalam proses di kehidupannya.
Dunia pasti tahu siapa Nabi Muhammad SAW, siapa yang tidak tahu latar belakang keluarganya, lingkungannya saat itu. Apakah beliau kaya raya? Apakah beliau sekolah tinggi? Akan tetapi keagungannya akan ajarannya menjadi panutan milyaran orang di dunia sampai akhir zaman. Siapa yang tidak tahu Thomas Alva Eddison, Albert Einstein? Mereka dari keluarga pas-pasan di kucilkan di sekolahnya. Thomas Alva Eddison pernah disarankan untuk keluar dari sekolah karena kekurangan fisik dan intelektualnya, tapi ibunya tidak terima akan perlakuan seperti itu ke anaknya. Dengan tekad tinggi Thomas A Eddison di didik ibunya yang tidak mampu dengan keyakinan kalau anaknya mempunyai potensi yang terpendam. Apakah Albert Einstein dari keluarga kaya raya? Karena keterbatasan dan kegigihan hasil penemuannya menjadi karya besar bisa dinikmati sampai sekarang. Karena keterbatasan fisik sejak kecil orang masih bisa berkarya. Tahukah siapa penemu huruf BRAILLE? Penemunya anak dengan keterbatasan fisik kebutaan pada mata terjadi saat ia masih kecil yang tidak sengaja bola matanya tertusuk benda tajam sehingga kebutaan pada kedua matanya.
Menjadi orang besar merupakan anugerah yang diberikan dari tuhan yang maha kuasa, jika ditanya apakah kamu mau menjadi orang besar? Tentu jawabannya adalah IYA. Memang tidak mudah untuk menjadi orang besar namun dengan usaha, kegigihan, kerja keras dan tekad yang kuat saya yakin saya pasti bisa menjadi orang besar.  Karena kita tahu Allah pun telah berfirman dari segala firmannya bahwa “Allah akan merubah nasib suatu kaum jika kaum itu yang ingin merubahnya”. Dan Allah pun mengatakan “di setiap kesulitan pasti ada kemudahan”. Dengan demikian, jika kita memiliki niatan dan kerja keras pasti Allah pun akan memberikan kemudahan dan jalan yang terbaik yang akan dilalui. Saya bercita-cita ingin menjadi orang besar, yah orang besar yang dikenang karena karyanya, budi luhurnya, dan kearifannya. Hal ini bukan semata-mata tidak ikhlas ataupun pikiran negatif lainnya, tetapi hal ini saya ingin menjadi motivasi untuk generasi-generasi berikutnya dan menjadi tauladan sebagaimana saya menauladani dan termotivasi oleh baginda nabi Muhammad SAW. Adapun hal-hal yang sudah saya punya atau modal saya untuk manjadi orang besar adalah keGIGIHan, pantang menyerah serta rasa keinginan tahuan saya dengan banyak bidang ilmu dan semoga hal itu semua menjadi kepribadian dan karakter dalam diri. Hal yang menjadi syukur saya kepada Allah sebagai tuhan yang maha esa ialah atas anugerah kemampuan atau potensi atau skill yang diberikan kedalam diri saya dan disetiap manusia. Ketahuilah dalam diri setiap manusia memiliki keunikan masing-masing dan memiliki potensi yang besar. Yah, tinggal bagaimana diri kita mengembangkannya atau mengelaborasikannya. Masing-masing orang memiliki caranya sendiri untuk mencapai kesuksesannya, saya memiliki cara saya sendiri untuk mendapatkan kesuksesan saya dan anda mempunyai cara sendiri untuk mencapai kesuksesan anda. Kita bisa menjadi orang besar jika kita mau bersungguh-sungguh dalam belajar, berkarya, bekerja serta mau komitmen dan konsisten dengan apa yang kita lakukan. Yah, orang hebat itu ialah orang yang memantaskan dan meyakini dirinya adalah orang besar, orang yang yakin dirinya memiliki potensi besar atas anugerah terbesar yang diberikan oleh yang Maha Besar, dengan jiwa dan wawasan yang besar ia akan menjadi orang besar.


SALAM HEBAT .... SALAM LUAR BIASA

By: Sifa Alfiyah

No comments:

Post a Comment