Friday, May 31, 2013

TIPS DAN TRIK MENULIS KARYA TULIS ILMIAH

TIPS DAN TRIK MENULIS KARYA TULIS ILMIAH

By. Sifa Alfiyah

Menuliiis??? yup teman-teman tidak perlu khawatir, cemas, dan takut untuk menulis... Ketahuilah menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, bermanfaat, terutama untuk orang lain, adapun kebermanfaatannya itu ialah kita dapat memberikan informasi kepada orang lain.... Menulis KARYA TULIS ILMIAH (KTI) Bagaimana yaah??? :D :D... Yah kita ketahui, menulis KTI pastinya sangat berkaitan sekali dengan pengamatan, penelitian dan lain sebagainya yang sejenis.. Selama ini mungkin yang ada dalam benak kita tentang penelitian adalah suatu kegiatan yang susah, rumit, pekerjaannya para profesor, dan hanya orang-orang jenius saja yang dapat mengerjakannya. Sehingga kebanyakan dari kita malas dan tidak berminat dengan namanya penelitian. Pendapat ini tampaknya perlu kita luruskan. Penelitian ini sebenarnya suatu kegiatan yang enjoy dan mengasyikan. Betapa tidak, dengan penelitian kita bisa mengamati benda, zat, tumbuhan, binatang, dan orang-orang yang kita teliti.

Suatu karya disebut KARYA ILMIAH apabila sedikitnya memenuhi tiga syarat karay ilmiah...
1. Isi kajiannya berada pada lingkup pengetahuan ilmiah.
2. Menggunakan metode dan cara berpikir ilmiah
3. Penulisan sesuai dan telah memenuhi syarat sebagai satu sosok tulisan ilmiah

 Yup, berikut ini adalah tips dan trik untuk teman-teman semua yang sedang belajar ataupun MENCOBA BERLATIH untuk menulis karya tulis Ilmiah..

1. PERSYARATAN PENELITIAN
Dalam penelitian terdapat tiga persyaratan penting berkaitan dengan prosedur dan langkah-langkah penelitian. Persyaratan tersebut sebagai berikut.

SISTEMATIS
Dengan membuat pola terlebih dahulu dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks hingga terccapai tujuan secara efektif dan efisien

PERENCANAAN
Penelitian yang akan dialkukan dengan adanya unsur kesengajaan dan sebelumnya sudah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.

MENGIKUTI KONSEP ILMIAH
Yaitu, prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan dengan urutan atau langkah-langkah:
- Penelitian membahas sebuah kebutuhan/tantangan
- Survai awal
- Merumuskan masalah
- Melakukan Studi Kepustakaan
- Merumuskan kerangka berpikir dan menetapkan hipotesis.
- Menentukan metodologi penelitian
- Mengumpulkan data
- Menganalisis data
- Mengambil Kesimpulan
- Penulisan laporan
- Menentukan kemungkinan pengembangan dari penerapan hasil kesimpulan di masa yang akan datang.

2. LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
Prosedur dan langkah-langkah penelitian merupakan salah satu upaya kita dalam melakukan penelitian secara efektif dan efisien. Secara umum langkah-langkah dalam melakukan penelitian atau MENULIS KTI adalah sebagai berikut.

MENENTUKAN JUDUL/MASALAH
Menentukan atau memilih masalah bukanlah pekerjaan yang mudah terutama bagi orang-orang yang belum banyak pengalaman meneliti. Untuk ini diperlukan kepekaan dari calon peneliti, masalah-masalah ini akan timbul dalam bentuk keinginan untuk segera dilaksanakan pemenuhannya.

SURVEI AWAL
Sebelum mengadakan penelitian yang sesungguhnya, peneliti mengadakan suatu studi pendahuluan, yaitu menjajagi kemungkinan diteruskannya pekerjaan meneliti.Studi pendahuluan dimaksudkan untuk mencari informasi yang diperlukan oleh peneliti agar maslahnya menjadi lebih jelas kedudukannya.

PERUMUSAN MASALAH
Apabila telah diperoleh informasi yang cukup dari studi pendahuluan/studi eksploratoris, maka masalah yang akan diteliti menjadi jelas. maka peneliti harus merumuskan masalahnya sehingga jelas dari mana harus mulai, kemana harus pergi dan dengan apa.

STUDI KEPUSTAKAAN
Studi kepustakaan merupakan jalan yang akan dilewati oleh penulis untuk membangun dasar teori atau kerangka berpikir. Kerangka berpikir akan dimanfaatkan oleh peneliti untuk menganalisis masalah. Semakin banyak teori, yang dapat ditelusuri, akan semakin tajam analisis yang akan dilakukan.

MERUMUSKAN KERANGKA BERPIKIR DAN HIPOTESIS
Kerangka berpikir adalah sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh peneliti yang akan berfungsi sebagai hal yang akan dipakai untuk tempat berpijak di dalam melaksanakan penelitian.
Hipotesis merupakan kebenaran sementara yang ditentukan oleh peneliti, tetapi harus masih dibutuhkan, dites, atau diuji kebenarannya. Hipotesis menuntun pada peneliti untuk memusatkan arah pandanagan pada topik penelitian sehingga pekerjaan dapat dilakukan lebih terfokus dan terkonsentrasi.

METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian menyangkut pendekatan, variabel, sumber data, dan instrumen penelitian.
@Memilih Pendekatan, yang dimaksud dengan "pendekatan" di sinni adalah metode atau cara mengadakan penelitian seperti halnya eksperimen atau noneksperimen, tetapi disamping itu juga menunjukan jenis atau tipe penelitian yang digunakan.
@Menentukan Variabel dan Sumber Data, Kedua hal ini harus diidentifikasikan secara jelas agar dengan tepat dapat ditentukan alat atau bahan apa yang akan kita gunakan untuk mengupulkan datanya.
@Menentukan dan Menyusun Instrumen, instrumen yang diteliti sangat bergantung dari jenis data dan dari mana data diperoleh . Sebagai contoh, data tingkah laku siswa; tentu hanya dapat diperoleh dari siswa dengan cara mengobservasi, atau diperoleh dari guru yang bergaul seahari-hari dengan siswa melalui interview atau kuisioner.
@Pengumpulan Data

ANALISIS DATA
Dalam menganalisis data membutuhkan ketekunan dan pengertian terhadap jenis data. Jenis data akan menuntut teknik analisis data. Sebagai contoh penentuan hubungan antara data nominal, ini tidak dapat dianalisis dengan teknik product-moment, tetapi sangat sesuai jika dianalisis dengan teknik chi-kuadrat.

KESIMPULAN
Pekerjaan meneliti telah selesai, dan peneliti tinggal mengambil kesimpulan dari hasil pengolahan data, dicocokan dengan hipotesis yang telah dirumuskan. Sesuaikan data yang terkumpul dengan hipotesis atau dugaan peneliti sebelumnya,,,,


OK ^_^ SEMANGAT MENULIS ,,,

Salam hebat... Salam Menulis... Salam Peneliti... ^0^

Referensi
Adang, Endang, Embay, Yeni, dkk. 2003. Panduan Penelitian Bagi Remaja. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dinas Olahraga dan Pemuda

No comments:

Post a Comment